Rektor Unand Pimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Ke-87

Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-87, yang bertepatan dengan tanggal 28 Oktober 2015, Universitas Andalas dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Universitas Andalas. Upacara yang dihadiri oleh seluruh civitas akademika dan dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Andalas, Prof. H. Dr. Werry Darta Taifur, SE, MA.

Sesuai dengan surat edaran DIKTI Nomor: 0399/A3/RT/2015, tentang  Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda, pelaksanaan upacara sumpah pemuda kali ini mengusung tema “Revolusi Mental untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi Satu untuk Bumi.” Dalam pidatonya, Rektor sebagai pembina upacara, menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga. Tidak lupa disampaikan bahwa pengambilan tema kali ini didasari keprihatinan atas 2 hal. Pertama, saat ini bangsa Indonesia disuguhi fenomena baru tentang berubahnya pola relasi kemasyarakatan akibat arus modernisasi dan kemajuan teknologi informasi. Kedua terkait dengan

fenomena sumber daya alam yang belum sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan atau suistanability Development, seperti fenomena kabut asap akibat pembakaran hutan yang tidak kunjung reda.

Momen Sumpah Pemuda ini juga dimanfaatkan oleh Rektor Unand untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada mahasiswa beserta dosen pembimbing berprestasi dalam kejuaraan tingkat nasional. Beberapa prestasi skala nasional yang berhasil diraih oleh mahasiswa Unand adalah: medali emas kategori Poster PKM-KC PIMNAS ke 28 di Universitas Halu Oleo, Kendari, Juara I kontes Robot Terbang Indonesia III di UGM Yogyakarta, Juara I Putri Hijab Indonesia di Jakarta, Juara I lomba kompetisi “International Dental Science Olimpiade”, Juara III Lomba kompetisi “International Dental Science Olimpiade,” Medali perunggu kategori Poster PKM-KM PIMNAS Ke 28 Universitas Halu Oleo, Kendari, Juara III Lomba Debat Mahasiswa Keterbukaan Informasi Publik di Jakarta, Juara III/A kelas 73 Kg Putra Cabang Yudo pada Kejuaraan Yudo dan Bela Diri Piala Kapolri Tahun 2015 di Jakarta, Penerima Sertifikat International Software Autodesk Inventor, Juara III Hifzil Qur’an 10 Juz MTQ Nasional ke-14 tahun 2015, Juara III Hifzil Qur’an 5 Juz MTQ Nasional ke-14 tahun 2015, Juara Harapan I Tilawah dan Qiraat Sab’ah, Juara Harapan III Sayahill Qur’an MTQ Nasional ke-14 Tahun 2015, dan Best Speaker Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional di Pontianak.

Di akhir acara pemenang juara I Kontes Robot Terbang Tingkat Nasional dari Fakultas Teknik mendemokan hasil karyanya, yang dinamakan “langau hitam,”  dihadapan seluruh peserta upacara.

 Berita FISIP

Pengumpan tidak ditetapkan