Rate this item
(2 votes)

Program Magister ilmu Politik

 

 

Dr. Tengku Rika Valentina, M.A (Koordinator)

VISI :

Menjadi Program Magister Ilmu Politik yang bermartabat dan terkemuka dalam kajian politik lokal dan otonomi daerah, politik kebijakandan tata kelola pemilu di Indonesia pada tahun 2024.

 

Untuk memperjelas makna dan rumusan visi tersebut, maka dipaparkan pengertianbeberapa kata kunci sebagai berikut:

Bermartabat, ditunjukkan dengan karakter unggul warga dan lulusan Program Magister Ilmu Politik FISIP Unand. Karakter unggul tersebut, dibangun dari elemen spritual, ilmu, amal, dan sosial. Keempat elemen tersebut menjadi kepribadian lulusan, dan dapat membawa lulusan mempunyai harkat dan harga diri. Kondisi bermartabat ini nantinya akan dicirikan dengan:

  1. Karakter unggul yaitu Sabar, Empati, Jujur, Adil, Tanggung Jawab, dan Ikhlas akan terinternalisasi dalam diri semua warga FISIP Unand, terlihat dalam cara berfikir, cara bersikap maupun cara bertindak sehingga tergambar dalam tiga elemen , yakni Ilmu, Amal dan Sosial.
  2. Dosen dan tenaga kependidikan memiliki taraf hidup yang layak dari segi sandang, pangan, papan dan kesehatan.
  3. Civitas akademika memiliki keberanian dalam kebebasan mimbar dan dan kebebasan berpendapat untuk kepentingan bangsa.
  4. Program Magister Ilmu Politik FISIP Unandmemiliki program pengembangan yang berkesinambungan, tidak terganggu oleh pergantian kepemimpinan fakultas.
  5. Pengelolaan prodi bersih dari praktek-praktek kotor, seperti korupsi, kolusi dan nepotisme.
  6. Pimpinan Program Magister Ilmu Politik FISIP Unand peduli kepada semua anggota sivitas akademika dan tenaga kependidikan dimana manajemen yang dijalankan menjamin kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.
  7. Lulusan Program Magister Ilmu Politik FISIP Unand mampu menunjukan jati diri kebangsaannya di dunia internasional, terutama kebudayaan dan karakter kebangsaan yang dibanggakan. Lulusan yang jika sudah lebur dengan budaya asing tidak merendahkan jati diri kebangsaan sendiri.

 

Civitas akademika dan tenaga kependidikan selalu berpegang teguh pada etiket dan moral, baik dalam interaksi internalnya dengan sesama warga Program Magister Ilmu Politik FISIP Unand maupun dalam berhubungan dengan pihak lain. Dengan etika dan moral yang kuat, maka warga Program Magister Ilmu Politik FISIP Unandakan disegani oleh pihak lain.

Terkemuka, ditunjukkan dengan reputasi yang dimiliki Program Magister Ilmu Politik FISIP Unanddi tingkat nasional dan internasional. Kondisi terkemuka ini nantinya akan dicirikan dengan:

  1. Program Magister Ilmu Politik FISIP Unandakan memiliki staf pengajar yang memiliki kualifikasi dan kemampuan dalam melakukan proses pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta memiliki karakter yang unggul.
  2. Program Magister Ilmu Politik FISIP Unandakan memiliki lulusan yang berdaya saing tinggi di tingkat nasional dan internasional dibuktikan dengan terserapnya lulusan Program Magister Ilmu Politik FISIP Unanddi dunia kerja di tingkat nasional dan mampu bekerja di luar negeri
  3. Dosen dan mahasiswa Program Magister Ilmu Politik FISIP Unand akan memiliki sejumlah artikel ilmiah yang berkualitas yang dimuat pada jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi dengan berbasis pada sumber daya dan kearifan sosial serta budaya lokal. Area kekuatan ini akan meliputi bidang-bidang yang terkait dengan kekuatan sosial, budaya, politik lokal yang unik yang menjadi modal dan kontribusi besar untuk kemandirian bangsa.
  4. Hasil penelitian dosen dan mahasiswa Program Magister Ilmu Politik FISIP Unandakan dimanfaatkan oleh masyarakat, organisasi politik, organisasi swasta dan instansi pemerintah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemandirian bangsa.
  5. Program Magister Ilmu Politik FISIP Unandakan memiliki jaringan kerjasama luas dan menjalin kerjasama dengan Magister Ilmu Politik di perguruan tinggi lain di wilayah Indonesia bagian Barat, sekaligus menjadi partner peneliti internasional untuk bidang-bidang unggulan Magister Ilmu Politik FISIP Unand.
  6. Program Magister Ilmu Politik FISIP Unand akan menjadi alternatif destinasi bagi calon-calon mahasiswa asing yang berasal dari kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan serta Timur Tengah dan sekitarnya yang ingin mendapatkan pendidikan tinggi yang berkualitas, sehingga pada tahun 2028 proporsi mahasiswa asing akan melebihi 15% dari total populasi mahasiswa.

Program Magister Ilmu Politik FISIP Unand menggunakan sarana teknologi informasi dan komunikasi meliputi seluruh proses organisasi utama, baik dalam administrasi, pelayanan dan pembelajaran serta menjadi pendukung utama bagi pengambilan keputusan.


MISI :

Misi Program Magister Ilmu Politik ini adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan efektif secara berkelanjutan yang mampu menghasilkan Magister Ilmu Politik yang memiliki kompetensi di bidang Ilmu Politik baik secara kognitif, afektif dan psikomotorik;
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan yang inovatif dalam kajian demokrasi, politik lokal, otonomi daerah dan politik kebijakan;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan kompetensi di bidang Ilmu Politik;
  4. Mengembangkan institusi dalam meningkatkan kualitas tata kelola program studi yangbaik (gooddepartment governance), sehingga mampu mengantisipasi dan mengakomodasi perubahan lingkungan strategis.

Membangun jaringan dan kerjasama yang produktif untuk menunjang kegiatan tri dharma perguruan tinggi secara berkelanjutan dengan kelembagaan pendidikan, pemerintahan dan dunia usaha di tingkat daerah, nasional dan internasionaldalam pengembangan demokrasi, politik lokal, otonomi daerah dan politik kebijakan.

TUJUAN PROGRAM MAGISTER ILMU POLITIK

  1. Menghasilkan sumberdaya manusia Ilmu Politik yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu membelajarkan diri, memiliki wawasan yang luas, kritis, memiliki kepekaan, disiplin dan etos kerja, dan profesional yang tangguh dan memiliki daya saing dan diakui di tingkat nasional dan internasional.
  2. Mengembangkan Program Magister Ilmu Politik yang inovatif, kritis, dan multi paradigmatik dalam kajian demokrasi, politik lokal, otonomi daerah dan politik kebijakan untuk memecahkan permasalahan bangsa melalui penyelenggaraanprogram-program penelitian unggulan strategis yang bergunabagi masyarakat.
  3. Meningkatkan percepatan implementasi hasil penelitian di bidang Ilmu Politik kepada masyarakat dalam rangka transformasi ilmu sosial kepada masyarakat.
  4. Meningkatkan mutu pelayanan melalui penyediaan fasilitas, sarana, prasarana, dan teknologi informasi sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk pengembangan keilmuan di bidang Ilmu Politik melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan non akademik lain yang mendukung.
  5. Membangun jaringan dan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan tinggi,pemerintah, organisasi swasta dan NGO di tingkat nasional dan internasional.

 

Admin Pasca FISIP, Januari 2018

Read 4145 times Last modified on Rabu, 20 Februari 2019 12:33

 Berita FISIP

Pengumpan tidak ditetapkan