Etape Tour de Singkarak 2016

Berikut Delapan etape etape Tour de Singkarak 2016 yang dirilis oleh panitia hasil rapat koordinasi antara Panitia Tour de Singkarak Kementerian Pariwisata dengan pihak Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten/Kota pada hari Selasa (12/7) di Hotel Mercure Padang.

Etape 1 (Demaga Singkarak)

Sabtu 6 Agustus yang dimulai dari Kabupaten Solok dan finish di Kota Payakumbuh dengan panjang rute 96,6 km :
Start dari Dermaga Danau Singkarak melewati Ombilin-Rambatan-Pasar Batu Sangkar-Pasar Baso-Kantor Balai Kota Payakumbuh-Limbukan-Labuh Basilang-Pasar Ibuh-Tugu Adipura-Simpang Kaniang ,-Simpang Napar-Simpang Bunian-Simpang Kasda dan finish di Ngalau.

Etape 2 (Lembah Harau)

Minggu 7 Agustus, yang dimulai dari Limapuluh Kota dan finish di Tanah Datar dengan panjang rute 119,5 km :
Start Lembah Harau Waterfall dan melewati Pertigaan Simpang Sariklamak-Lubuk Bangku-Kelok Sambilan-Sariklamak-Simpang Kaniang Bukik-Tugu Adipura-Tugu Labuh Basilang-Pasar Halaban-Pauh Tinggi-Balai Tangah-Sitangkai-Guguak Cino-Stadion Batusangkar dan finish di Istano Basa Pagar.

Etape 3 (Bonjol Pasaman)

Senin 8 Agustus, yang dimulai dari Pasaman dan finish di Pasaman Barat dengan panjang rute 122,8 km :
Start Equator Bonjol Pasaman dan melewati Lurah Barangin-Taman Hutan Kot’,kkka-Kota Lubuk Sikaping-Rimbo Panti-Cubadak-Duo Koto-Talamau-Talu-Pasar Simpang Empat dan finish di Kantor Bupati Pasaman Barat.

Etape 4 (Padang Panjang)

Selasa 9 Agustus, yang dimulai dari Padangpanjang dan finish di Agam dengan panjang rute 150 km :
Start dari Markas Secata Padangpanjang melewati Serambi Mekkah-Fly Over-Terminal-Bak Air-Jalan Raya Bukittinggi Padang-Sicincin-Simpang Jagung-Tugu Tabuik-Kota Pariaman-Simpang Apar-Naras-Sungai Limau-Tiku-Lubuk Basung-Maninjau-Kelok 44-Embun Pagi dan finish di Lawang Park.

Etape 5 (Pantai Carocok, Painan)

Rabu 10 Agustus, yang dimulai dari Pesisir Selatan dan finish di Kota Pariaman dengan panjang rute 152,6 km :
Start Pantai Carocok melewati Tugu Uha -Jalan Abdul Muis-Jalan Prof Dr Hamka-Bukit Putus-Terminal Sago-Bayang-Tarusan-Barung Belantai-Teluk Kabung-Bungus-Bukit Lampu-Teluk Bayur-Gran Zuri-Simpang Kandang-Kantor Gubernur Sumbar-Simpang DPRD-Simpang Bandara-Simpang Tugu Ikan-Simpang By Pass-Simpang Padusunan-Simpang Cubadak Air-Simpang Apar-Simpang Tugu Tabuik-Simpang Terminal-Gapura Pantai Kata dan finish di Pantai Gandoriah.

Etape 6 (Pantai Tiram, Pariaman)

Kamis 11 Agustus, yang dimulai dari Padang Pariaman dan finish di Sawahlunto dengan panjang rute 149 km :
Start dari Pantai Tiram-Simpang Ulakan-Pauh Kambar-Simpang Parit Malintang-Jalan Raya Padang Bukittinggi-Fly Over-Bypass -Simpang Lubuk Bagalung-Indarung-Panaroma-Tugu Ayam-Kota Solok-Muara Kalaban-Kota Sawahlunto-Lap Segi Tiga dan finish di Taman Satwa Kandih Sawahlunto.

Etape 7 (Sijunjung)

Jumat, 12 Agustus 2016 yang dimulai dari Sijunjung dan finish Dharmasraya dengan dengan panjang rute 133,4 km :
Start Gedung Pertemuan Pancasila, Muaro Sijunjung melewati Simpang SungaiAngek-Perkampungan Adat-Tugu Bundo Kanduang-Tapian Diaro-Tanah Badantung-Klirian Jao-Ktr Bupati Dharmasraya-Sungai Dareh-Simpang Sikabau-Koto Tua-Sitiung-Kota Padang Dalam-SimpangTiga Koto Baru-Pasar Koto Baru-Simpang Empat Koto Baru-Kota Padang Luar dan finish di Sport Centre Dharmasraya.

Etape 8 (Bukittinggi)

Minggu 14 Agustus, yang dimulai dari Bukittinggi dan finish di Padang dengan panjang rute 146,5 km :
Start dari Istana Bung Hatta Bukittinggi-Panorama-Simpang Tembok-Kantor Balai Kota Bukittinggi-Simpang Mandi Angin-Simpang Taro-Lapangan Kantin-Padang Luar-Simpang Malalak-Sicincin-Jalan Padang Bukittingi-Jalan S Parman-Jl. Juanda-Jl. Veteran-Jl. Pemuda-Simpang Hang Tuah-Jl. Samudra-Danau Cimpago dan finish di Tugu Perdamaian Kota Padang.

Pada tanggal 13 Agustus 2016, lomba akan ditiadakan. semua para pembalap dan oficial tim akan beristirahat, dan akan dilanjutkan kembali pada tanggal 14 Agustus 2016.

Sumber:
Kemenpar RI
CC Dinas Parekraf Sumbar