Program Magister Ilmu Politik adakan Workshop & Klinik Artikel Ilmiah Kerjasama dengan LPPM Universitas Andalas yang di buka langsung oleh Bpk Wakil Dekan I FISIP Dr. Aidinil Zetra, MA dan diddampingi oleh Ketua Program Magister Dr. Tengku Rika Valentina, MA. pada Rabu 20 Oktober 2018 di Aula Gedung Pascasarjana FISIP Jln Situjuh Jati Padang. sebagai Pemateri pada kegiatan ini adalah : Pramawahyudi, S.Kom dari LPTIK Universitas Andalas.
Kuliah Umum yang bertema " Penguatan Kapasitas Kelembagaan di daerah dalam Mewujudkan Good Local Governance dibuka langsung oleh Wakil Dekan I Dr. Aidinil Zetra, MA didampingi staf Pimpinan Program Magister Adm. Publik, yang menjadi Narasumber adalah Dr. Heru Nurasa, MA
Magister Sosiologi adakan Kuliah Umum pada tanggal 22 Oktober 2018, dengan tema " Permberdayaan Komunitas Adat Dengan Advokasi Perubahan Kebijakan Pemerintah : Pengalaman Aktifis bertempat di Aula Gedung Pascasarjana FISIP Jln. Sutujuh Jati Padang, dengan Narasumber Drs. R. Yando Zakaria, M.Si (Pendiri Pusat Kajian Etnografi Hak Komunitas Adat) Acara yg di buka langsung oleh Bpk Dekan FISIP Dr. Alfan Miko, M.Si berlangsung dengan sesi tanya jawab tentang Pengakuan Hak Komunitas Adat dan Tantangan masyarakat adat dalam memenuhi ketentuan UUD yang berlaku saat ini.
Koordinator Program Studi Magister Administrasi Publik Dr. Syamsurizaldi,SIP,SE,MM |
|
Staf Pengajar: |
|
2 Prof. Dr. Rer.soz. Nursyirwan Effendi 3 Prof. Dr. Rer. soz. Damsar, MA 5 Dr. Aidinil Zetra, SIP, MA 10 Dr. Drs. Azwar, M.Si 11 Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom |
12 Dr. Jendrius, M.Si 13 Dr. Roni Ekha Putera, SIP,MPA 14 Dr. Hendri Koeswara, SIP,M.Soc.sc 15 Dr. Tengku Rika Valentina,SIP,MA 16 Dr. Yuslim,SH,MH 17 Dr. Dra. Darmawati, M.Si 18 Dr. Afriva Khaidir,SH,M.Hum, MPA 19 Dr. Tun Huseno,SE,M.Si 20 Dr. Genius Umar,S.Sos,M.Si 21 Dr. Khairul Ikhwan, S.Sos, MM 22 Dr. Drs. Edi Hasymi, M.Si |
Kurikulum MAP 2018 Download
Monev Proses Belajar Mengajar Download
Kurikulum dan Mata Kuliah:
Matrikulasi:
No. |
Kode Mata Kuliah |
Mata Kuliah |
SKS |
W |
1. |
MAP 001 |
Dasar-Dasar Kebijakan Publik |
0(0-0) |
W |
2. |
MAP 002 |
Dasar-Dasar Manajemen Publik |
0(0-0) |
W |
3. |
MAP 003 |
Collaborative Governance |
0(0-0) |
W |
Semester I
No. |
Kode MataKuliah |
Mata Kuliah |
SKS |
W |
1 |
MAP101 |
Teori Administrasi Publik |
3(3-0) |
W |
2 |
MAP 102 |
Kebijakan Publik dan Aplikasi |
3(3-0) |
W |
3 |
MAP 103 |
Manajemen Sektor Publik |
3(3-0) |
W |
4 |
MAP 104 |
Filsafat Ilmu Administrasi |
3(3-0) |
W |
5 |
MAP 105 |
Teori Pembangunan |
3(3-0) |
W |
|
|
Jumlah |
15 |
|
Semester II
Mata Kuliah Konsentrasi Kebijakan Publik
No. |
Kode Mata Kuliah |
Mata Kuliah |
SKS |
W/WK |
1 |
MAP 201 |
Metode Penelitian Administrasi |
3(3-0) |
W |
2 |
MAP 202 |
Teori Organisasi dan Aplikasi |
3(3-0) |
W |
3 |
MAP 203 |
Analisis Kebijakan Publik |
3(3-0) |
WK |
4 |
MAP 204 |
Desain Implementasi dan Evaluasi Kebijakan |
3(3-0) |
WK |
5 |
MAP 205 |
Analisis Isu Kebijakan Desentralisasi Otoda |
3(3-0) |
WK |
|
|
Jumlah |
15 |
|
Mata Kuliah Konsentrasi Manajemen Publik
No. |
Kode Mata Kuliah |
Mata Kuliah |
SKS |
W/WK |
1 |
MAP 201 |
Metode Penelitian Administrasi |
3(3-0) |
W |
2 |
MAP 202 |
Teori Organisasi dan Aplikasi |
3(3-0) |
W |
3 |
MAP 206 |
Manajemen Strategis untuk Sektor Publik |
3(3-0) |
WK |
4 |
MAP 207 |
Manajemen dan Inovasi Pelayanan Publik |
3(3-0) |
WK |
5 |
MAP 208 |
Manajemen Sumber Daya Manusia dan Asset |
3(3-0) |
WK |
|
|
Jumlah |
15 |
|
Semester III
No. |
Kode Mata Kuliah |
Mata Kuliah |
SKS |
W/P |
1 |
MAP 301 |
Administrasi Pemerintah Daerah dalam Konteks Lokal |
3(3-0) |
W |
2 |
MAP 302 |
Kolokium |
1 (0-1) |
W |
3 |
MAP 303 |
Kebijakan Lingkungan dan Manajemen Bencana*) |
3 (3-0) |
P |
4 |
MAP 304 |
Reformasi Birokrasi dan Governance*) |
3 (3-0) |
P |
5 |
MAP 305 |
Perencanaan dan Penganggaran Publik*) |
3 (3-0) |
P |
|
MAP 306 |
Kepemimpinan Sektor Publik*) |
3 (3-0) |
P |
|
|
Jumlah |
16 |
|
*) Mata kuliah pilihan wajib diambil minimal dua mata kuliah (6 SKS) sesuai minat mahasiswa |
Semester IV
No. |
Kode Mata Kuliah |
Mata Kuliah |
SKS |
P/W |
1 |
MAP 401 |
Seminar Hasil |
1 (0-1) |
W |
2 |
MAP 402 |
Tesis |
6 (0-6) |
W |
|
|
Jumlah |
7 |
|
Dr. Desna Aromatica, S.IP, M.AP
( Koordinator Program Magister )
SELAYANG PANDANG
PROGRAM STUDI MAGISTER ADMINISTRASI PUBLIK
FISIP UNIVERSITAS ANDALAS
Sejarah Pendirian
Program Studi Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Andalas berdiri tahun 2016 berdasarkan Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor: 337/KPT/I/2016, tanggal 13 September 2016 dan hadir pada saat yang tepat sebagai jawaban terhadap meningkatnya kebutuhan, tuntutan dan dinamika isu-isu tata kelola dan kolaborasi kepemerintahan yang baik (good governance and collaborative governance) dengan tetap memperhatikan kearifan lokal (local wisdom) dalam perumusan kebijakan publik dan manajemen pelayanan publik di tingkat nasional dan lokal. Kehadiran program studi ini, seiring pula dengan lahirnya beberapa regulasi baru dalam tata kelola pemerintah di Indonesia yaitu paket UU tentang Aparatur Sipil Negara, Pemerintahan Daerah dan Desa. Sebagai bagian dari rangkaian reformasi birokrasi, beberapa regulasi sebelumnya yang terkait dengan tata kelola pemerintahan yang baik yaitu tentang keuangan negara, sistem perencanaan pembangunan nasional, administrasi pemerintahan, pelayanan publik, keterbukaan informasi publik dan mitigasi kebencanaan menjadi isu yang menarik dalam kontek kolaborasi tata kelola pemerintahan. Paket regulasi ini hadir sebagai upaya menjawab isu-isu administrasi publik kontemporer di Indonesia.
Tantangan berikutnya berada pada tahapan implementasi dan evaluasi kebijakan, oleh karena itu dibutuhkan kesiapan dan kompetensi aparatur pemerintah, penyelenggara negara dan seluruh stakeholder terkait seperti dunia usaha dan civil society dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks dan berubah cepat karena kemajuan teknologi terutama teknologi informasi dan perkembangan media sosial di era globalisasi. Isu-isu kontemporer ini menjadi fokus kajian dalam proses perkuliahan Program Studi Magister Administrasi Publik.
Oleh karena itu, kehadiran Program Studi Magister Administrasi Publik diharapkan memberikan manfaat sebagai lembaga mitra bagi stakeholder dalam merumuskan, mengkaji, melaksanakan dan mengevaluasi kebijakan dan kinerja manajemen sektor publik di tingkat nasional dan lokal serta menjawab kebutuhan pemerintah pusat, daerah dan desa dalam meningkatkan kapabilitas untuk mewujudkan aparatur pemerintahan yang profesional. Pada akhirnya, kehadiran program studi ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan ilmu pengetahuan yang berorientasi pada realitas empiris dalam memberikan solusi yang cerdas untuk kejayaan bangsa.
Visi :
“Menjadi Program Studi Magister Administrasi Publik yang unggul dan bermartabat dalam merencanakan, menyusun, menganalisis, mengadvokasi kebijakan dan manajemen sektor publik pada isu collaborative governance berbasis kearifan lokal di regional Sumatera pada tahun 2022”.
Misi
Tujuan :
Profil Lulusan Magister Administrasi Publik:
1. |
Administrator Publik |
Administrator Publik adalah orang yang melakukan kajian; penyelidikan (pelajaran yang mendalam); penelaahan dan memberikan masukan, penjelasan atau telaahan terkait dengan perencanaan pembangunan, kebijakan publik dan manajemen publik kepada yang memerlukannya |
2. |
Birokrat |
Birokrat adalah orang yang bekerja pada jajaran pemerintahan atau pihak terkait lainnya yang melakukan kegiatan perencanaan, memanage organisasi pemerintah atau swasta dan menyusun serta mengawasi program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada organisasi tersebut dalam aspek kehidupan bernegara |
3. |
Analis Kebijakan |
Analis Kebijakan adalah orang pribadi atau badan dalam bentuk apa pun yang dalam kegiatan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diakui untuk dapat merancang, merumuskan, mengelola, mengendalikan, mengatur, mengawasi kebijakan, program dan kegiatan dalam organisasi pemerintah ataupun swasta dalam rangka mengembangkan organisasi mencapai tujuan organisasi |
4. |
Entrepreneur (Konsultan) |
Entrepreneur adalah orang yang dapat mengubah perilaku para aparatur negara, agar mereka mengetahui dan mempunyai kemauan serta kemampuan memberikan pelayanan yang terhebat kepada masyarakat dalam setiap aspek kehidupan yang menyentuh kesejahteraan masyarakat. |
5. |
Akademisi |
Akademisi adalah orang yang memiliki keahlian dalam bidang administrasi publik, mampu melakukan penelitian bidang administrasi publik dan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip keilmuan administrasi negara ke dalam bentuk nyata untuk menyelesaikan masalah-masalah publik yang terjadi di negara |
6. |
Perencana Pembangunan |
Perencana Pembangunan adalah orang yang dalam kegiatan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diakui untuk dapat merancang, merumuskan, kebijakan, program dan kegiatan dalam pembangunan yang dilakukan oleh organisasi pemerintah |
7. |
Peneliti |
Peneliti adalah orang yang memiliki keahlian dan mampu melakukan penelitian bidang administrasi publik serta mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip keilmuan administrasi negara ke dalam bentuk nyata untuk menyelesaikan masalah-masalah publik yang terjadi di negara |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Magister Administrasi Publik |
|
Sikap |
1). Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; 2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; 3) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; 4) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; 5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama,dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; 6) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; 7) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; 8) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; 9) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; 10) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, dan 11) Menginternalisasi sikap profesionalitas dan integritas. |
Pengetahuan |
1. Menguasai teori administrasi dan reformasi administrasi, organisasi, governansi publik, kebijakan publik, dan manajemen publik. 2. Menguasai pendekatan berpikir sistem 3. Menguasai teori-teori pembangunan, sosial, dan ekonomi politik 4. Menguasai teori manajemen perubahan serta manajemen stratejik dan manajemen kinerja. 5. Menguasai metode-metode dan instrumen dalam perspektif governansi publik 6. Menguasai metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan kombinasi. |
Keterampilan Umum |
1). Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara; 2) Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya; 3) Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; 4) Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; 5) Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; 6) Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; 7) Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan, 8) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; |
Keterampilan Khusus |
1. Mampu mengembangkan (merekonstruksi) model, strategi, atau inovasi dalam bidang kebijakan publik dan governansi publik dengan berbagai pendekatan antara lain pendekatan legal, manajerial, dan atau politik, di semua tingkat pemerintahan. 2. Mampu memformulasikan alternatif kebijakan publik berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik dengan menggunakan berbagai metode, antara lain scenario planning atau dynamic system. 3. Mampu menyusun rencana strategi implementasi sebuah kebijakan publik jangka pendek (berupa program, kegiatan, dan rencana aksi). 4. Mampu melakukan evaluasi kebijakan publik yang berbasis teknologi informasi untuk mengetahui hasil (outcome) dan dampak (impact) dari sebuah kebijakan. 5. Mampu menyusun rencana perubahan secara individu atau kelompok dengan menggunakan pendekatan participatory impact analysis untuk menyelesaikan masalah-masalah publik seperti pelayanan publik dan administrasi pembangunan dalam bentuk dokumen rencana proyek perubahan (project plan document) 6. Mampu menyusun rencana penelitian dan melaksanakan kegiatan penelitian secara mandiri atau kelompok dalam bidang administrasi publik dengan menggunakan metode kuantitatif, kualitatif, atau kombinasi. 7. Mampu memimpin dan menatakelola sebuah kegiatan dalam implementasi kebijakan publik. |
Foto Bersama Rombongan Tim Roadshow S2 Ilmu Politik FISIP Universitas Andalas di depan Gedung Rektorat UIN Sultan Thaha Jambi
Program Magister Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melantik 28 Orang Wisudawan/ti yang berlangsung di Gedung Auditorium Universitas Andalas Jumat, 24 Agustus 2018, diantaranya dari Magister Sosiologi 6 orang, Magister Ilmu Politik 3 Orang, Tata Kelola Pemilu 14 Orang dan Magister Ilmu Komunikasi sebanyak 5 Orang. Lulusan Terbaik Fakultas adalah Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Widya Hasan, M.Ikom IPK 3,85
Pembukaan Program Matrikulasi Program Magister FISIP Unand dipimpin langsung oleh Dekan Dr. Alfan Miko, M.Si dan jajaran pimpinan Fakultas beserta Ketua Program Studi
Setelah pembukaan perkuliahan mahasiswa baru Pascasarjana FISIP tahun ajaran 2018/2019 oleh Dekan FISIP Universitas Andalas Dr. Alfan Miko,M.Si, Program Magister Ilmu Politik mulai melaksanakan matrikulasi bagi mahasiswa barunya. Matrikulasi diikuti 12 orang mahasiswa baru untuk menambah pengetahuan terkait dengan ilmu politik dan turunannya. Matrikulasi ini dilaksanakan selama tiga hari tanggal 13-15 Agustus 2018 dengan beberapa topik yang diajarkan di antaranya Pengantar Ilmu Politik dan Pemerintahan, Skop dan metode Ilmu Politik, Teknik Penulisan Ilmiah, Demokrasi Lokal, Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian Ilmu Politik. Pengayaan ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengingat kembali materi yang pernah dipelajari ketika di program sarjana.
Pelaksanaan matrikulasi singkat ini berjalan dengan baik dan mahasiswa baru sangat antusias mengikutinya sampai acara berakhir. Ke depan, “matrikulasi ini akan ditingkatkan kualitasnya dengan memperpanjang hari pelaksanaan dan menambah materinya” tutur Dr. Tengku Rika Valentina selaku Ketua Prodi Magister Ilmu Politik.
Kegiatan Matrikulasi Mahasiswa Baru Program Magister Ilmu Politik tahun 2018 diadakan pada tanggal 13 s/d 15 Agustus 2018 dikampus Pascasarjana FISIP Jati jln Situjuh No. 1 Padang
1. Mengisi Formulir Online di http://pmb.unand.ac.id
2. Ijazah dan Transkrip Akademik S1 ( dilegalisur )
3. IPK S1 Minimal 2,75
4 Hasil Tes TPA dan TOEFL
5. Rekomendasi dari 2 Orang /pihak yang mengetahui kemampuan calon akademik
6. Pas foto Warna Ukuran 4x6 (2 Lembar)
7. Bukti Slip pembayaran biaya pendaftaran melalui rekening penampung Pascasarjana Unand Pada BANK Syariah Mandiri (BSM) dengan No.Rek 027.000.0165