Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik pada Wisuda 1 tahun 2020 melantik 2 orang staf Humas Polda Sumbar yang telah menyelesaikan Studi Program Magister Ilmu Komunikasi Dia adalah, Aipda Sahman Nasution, SH, M.I.Kom dan Brigadir Rahmat Fauzi, SH, M.I.Kom. Kini, kedua anggota Polri yang akrab dengan media itu, resmi menyandang gelar Magister Ilmu Komunikasi, setelah diwisuda pada Sabtu (22/2/2020) di Gedung Jurusan Sosiologi lantai 1. Keduanya menyelesaikan program pasca sarjana pada Fakultas Fisip, Unand dengan program magister Ilmu Komunikasi, tepat pada waktu yang ditentukan

Dengan disandangnya gelar magister itu, menjadi tantangan bagi Sahman dan Rahmat untuk mengaplikasan ilmunya dengan pekerjaannya sebagai corong kepolisian di Sumatera Barat Dikatakan, saat pemindahan jambul dipimpin Wakil Dekan II Fisip Unand, Dr. Indradin, M.Si dan penyerahan ijazah oleh Ka Promag Ilmu Komunikasi, Dr. Ernita Arif, M.Si. Dalam wisuda itu, Sahman mendapatkan IPK 3,82

Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Balitbang SDM Kemenkominfo sosialisasikan program beasiswa S2, Jumat (14/2/2020) di Padang.

Sekretaris Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo Haryati mengatakan program beasiswa ini diperuntungkan untuk ASN dan masyarakat umum dalam bidang komunikasi dan informasi

 




Mahasiswa Program Magiter Ilmu Komunikasi melakukan kunjungan ke Kanwil Kemenkumham Sumbar, Humas Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumatera Barat menerima kunjungan enam orang mahasiswa Pascasarjana Unand dalam rangka menganalisis website kantor perpanjangan tangan Kementerian Hukum dan HAM tersebut.

Rombongan mahasiswa pascasarjana ilmu komunikasi terdiri dari Stefan, Agung, Nurul, Nike, Okta dan Jamil yang berasal dari  program Magister Ilmu Komunikasi FISIP Unand. Kedatangan mereka disambut baik oleh Bagian Humas Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumatera Barat diwakili oleh salah satu stafnya, yakni Bapak Febryo Feliandra (Ryo).

Dalam pertemuan yang berlangsung selama lebih kurang 45 menit tersebut, para mahasiswa ilmu komunikasi ini sangat antusias dalam menanyakan beberapa pertanyaan seputar website dan proses peliputan berita yang dilakukan oleh bagian Humas Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar.

Ryo menjelaskan, dalam menampilkan informasi di website resmi Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar yang beralamat di https://sumbar.kemenkumham.go.id/, Tim Humas menargetkan tiap unit satuan kerja di bawah Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar menyampaikan minimal satu berita per harinya, di mana penerbitan berita juga melalui tahapan pengolahan terlebih dahulu oleh Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar sebelum berita tersebut diterbitkan di website. 

Hanya saja terkadang tidak semua berita mengenai satuan unit kerja di bawah Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar dapat diketahui di website Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar, hal ini dikarenakan penerbitan berita pada website didasarkan pada laporan langsung dari masing-masing satuan unit kerja kepada Tim Humas. Sehingga, bagi unit kerja yang tidak mengirimkan laporan atau berita terkait unit kerjanya, informasi mengenai unit kerja yang bersangkutan tidak akan dapat ditelusuri dalam laman website.

Ryo juga mengungkapkan, “dilihat dari tupoksi yang ada di masing-masing unit kerja di bawah Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar, tidak ada staf khusus secara administrasi yang bertugas untuk meliput berita, namun pimpinan secara langsung yang menunjuk siapa yang akan melakukan peliputan berita.”

 Informasi lainnya yaitu, server yang ada hanya tersedia di pusat, sehingga tak jarang  terjadi server down dalam mengakses website Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar ini. Namun, secara keseluruhan, website Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar tersebut sudah cukup baik dilihat dari proses peliputan berita, pengolahan berita sampai kepada panyajian beritanya. (*)

Pembelian PIN dan Pendaftaran Online  :  1 - 23 Desember 2020
Ujian Wawancara Online :  28 - 30 Desember 2020 ( Untuk link ujian wawancara menyusul)
Pengumuman lulus :  5 Januari 2021
Daftar Ulang  :  11 - 15 Januari 2021

Uang Pendaftaran :

  • Magister (S2) : Rp.600.000,- Persyaratan Umum :

IPK Minimum 2,75 atau <2,75 jika memiliki pengalaman kerja

Persyaratan dan Kelengkapan Berkas yang di upload dan diserahkan :

    1. Foto copy ijazah/SKL dan transkip nilai S1 (Ijazah Sarjana) yang dilegalisir untuk calon pendaftar S2 (Magister)
    2. Foto copy ijazah/SKL dan transkip nilai S1,S2 yang dilegalisir untuk calon pendaftar S3 (Doktor)
    3. Pas photo 4x6 sebanyak 3 lembar
    4. Surat keterangan sehat dari dokter
    5. Formulir pendaftaran, dapat didownload di berkas attachment dibawah postingan ini
    6. Rancangan penulisan ide penelitian untuk calon pendaftar S3 (minimal 1000 kata)
    7. Surat kesediaan dari calon promotor/ pembimbing untuk calon pendaftar S3 (Download pada berkas attachment postingan ini)
    8. Surat rekomendasi akademis dari dua orang dosen/pembimbing pendidikan sebelumnya, bergelar Dr (S3) yang relevan (lihat diwebsite : http://pasca.unand.ac.id)    
    9. Melampirkan bukti pembayaran  PIN pendaftaran dari Bank
    10. Melampirkan Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi Asal 

Berkas yang terkait Penerimaan Mahasiswa Baru :

  1. Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru Pascasarjana Unand
  2. Formulir Rekomendasi Penerimaan Mahasiswa Baru S2 dan S3 Unand

Pada hari Senin 14 Oktober 2019 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik adakan Diskusi bersama Dosen - dosen FISIP tentang Strategi mendapatkan Beasiswa Doktoral sebagai Nara Sumber Dr. Efa Yonnedi, SE, MPPM,Ak, CA. dan Ir. Irawati, M.Rur.Sc., PhD berbagi Strategi dan pengalaman supaya mendapatkan Beasiswa Program S3, Ir. Irawati berbagi pengalamannya menempuh studi S3 dan memberi semangat kepada Dosen-dosen yang berniat melanjutkan studi S3 ke luar negeri, tantangan dari segi budaya, culture kebiasaan di luar negeri yang kita harus bisa beradaptasi merupakan tantangan terberat untuk menjalani studi selain proses perkuliahan

1

Fakultas ilmu sosial dan Ilmu Politk seperti tahun-tahun sebelumnya menerima mahasiswa beasiswa konminfo dan KPU, di bandingkan tahun 2018, tingginya tingakat minat mahasiswa yg mengikuti seleksi dalam mendapatkan beasiswa masih tinggi, karna keterbatasan kuota dan persyaratan yang ketat untuk tahun ajaran 2019/2020 yg di terima hanya 10 Orang Untuk mahasiswa KOMINFO Ilmu Komunikasi dan 11 Orang Untuk Tata Kelola Pemilu TKP.

 

Program Magister Administrasi Publik melakukan Visitasi dari TIM BAN-PT, disambut langsung oleh Bapak Dekan FISIP Dr. Alfan Miko, M.Si. Tim Asesor yang akan menilai adalah  Prof. Dr. Sam`un Jaja Raharja, M.Si dan Dr. Bambang Tri Harsanto, M.Si. 

 

Suasana pengecekan berkas kelengkapan Borang MAP 

 Berita FISIP

Pengumpan tidak ditetapkan