Senin, 20 Jun 2016 08:42

Magister Ilmu Komunikasi

By

 

                                                                                 

Dr. Ernita Arif, M. Si (Koordinator)

Profil Program Magister Ilmu Komunikasi

Visi :

Menjadikan Program Magister Ilmu Komunikasi sebagai pusat pendidikan dan penelitian di bidang komunikasi khususnya public relations dengan penekanan government PR dan ilmu komunikasi yang terkemuka dan bermartabat di Indonesia pada tahun 2023.

Misi :

1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang menghasilkan lulusan unggul dengan mempunyai wawasan dan ketrampilan dalam bidang komunikasi khususnya public relations dengan penekanan government PR dan ilmu komunikasi.
2. Melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan ilmu komunikasi khususnya public relations dengan penekanan government PR dan ilmu komunikasi
3. Melakukan publikasi yang mencerminkan karakter profesionalitas yang unggul dalam bidang komunikasi khususnya public relations dengan penekanan  government PR dan ilmu komunikasi, baik secara mandiri ataupun melalui kolaborasi dengan lembaga komunikasi dalam dan luar negeri.

Tujuan :

  1. Menghasilkan Sarjana Magister Ilmu Komunikasi yang memiliki kompetensi untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu komunikasi khususnya public relations dan media studies melalui pengajaran dan penelitian di berbagai instansi pemerintah dan non-pemerintah lainnya.
  2. Menghasilkan sarjana Magister dalam bidang ilmu komunikasi khususnya public relations dan media studies yang memiliki wawasan dan keterampilan kreatif, inovatif dan strategis dalam kebijakan komunikasi.
  3. Menghasilkan sarjana Magister dalam bidang ilmu komunikasi yang mampu menyelesaikan berbagai persoalan yang berkaitan dengan public relations dan media studies.
  4. Menghasilkan sarjana Magister dalam bidang ilmu komunikasi khususnya public relations dan media studies yang mampu menjembatani antara lembaga / organisasi dengan masyarakat lingkungannya

 

Kopetensi Utama Lulusan :

  1. Mampu mengkaji pengembangan konsep komunikasi khususnya dibidang public relations dengan penekanan government PR dan ilmu komunikasi, dengan menggunakan metode kuantitatif maupun kualitatif atau gabungan antar keduanya dan mempublikasikannya.
  2. Mampu melakukan pemberdayaan masyarakat dalam kaitannya dengan pelayanan secara profesional dan berintegrasi dalam bidang ilmu komunikasi dibidang public relations dengan penekanan government PR dan ilmu komunikasi yang kreatif dan inovatif.
  3. Mampu melakukan penalaran ilmiah untuk memecahkan setiap permasalahan yang berkembang di masyarakat.
  4. Mampu melanjutkan pendidikan S3 Ilmu Komunikasi.

Kopetensi Pendukung :

  1. Menguasai analisa konsep komunikasi khususnya tentang dibidang public relations dengan penekanan government PR dan ilmu komunikasi.
  2. Memiliki karakter integritas dan kepribadian yang tinggi terhadap diri sendiri, masyarakat, negara,
  3. Mampu berpikir kritis dan terbuka serta memiliki nasionalisme yang tinggi
  4. Mampu mengikuti perkembangan dunia komunikasi terbaru.

 

Senin, 20 Jun 2016 08:36

Magister Ilmu Politik

By

Program Magister ilmu Politik

 

 

Dr. Tengku Rika Valentina, M.A (Koordinator)

VISI :

Menjadi Program Magister Ilmu Politik yang bermartabat dan terkemuka dalam kajian politik lokal dan otonomi daerah, politik kebijakandan tata kelola pemilu di Indonesia pada tahun 2024.

 

Untuk memperjelas makna dan rumusan visi tersebut, maka dipaparkan pengertianbeberapa kata kunci sebagai berikut:

Bermartabat, ditunjukkan dengan karakter unggul warga dan lulusan Program Magister Ilmu Politik FISIP Unand. Karakter unggul tersebut, dibangun dari elemen spritual, ilmu, amal, dan sosial. Keempat elemen tersebut menjadi kepribadian lulusan, dan dapat membawa lulusan mempunyai harkat dan harga diri. Kondisi bermartabat ini nantinya akan dicirikan dengan:

  1. Karakter unggul yaitu Sabar, Empati, Jujur, Adil, Tanggung Jawab, dan Ikhlas akan terinternalisasi dalam diri semua warga FISIP Unand, terlihat dalam cara berfikir, cara bersikap maupun cara bertindak sehingga tergambar dalam tiga elemen , yakni Ilmu, Amal dan Sosial.
  2. Dosen dan tenaga kependidikan memiliki taraf hidup yang layak dari segi sandang, pangan, papan dan kesehatan.
  3. Civitas akademika memiliki keberanian dalam kebebasan mimbar dan dan kebebasan berpendapat untuk kepentingan bangsa.
  4. Program Magister Ilmu Politik FISIP Unandmemiliki program pengembangan yang berkesinambungan, tidak terganggu oleh pergantian kepemimpinan fakultas.
  5. Pengelolaan prodi bersih dari praktek-praktek kotor, seperti korupsi, kolusi dan nepotisme.
  6. Pimpinan Program Magister Ilmu Politik FISIP Unand peduli kepada semua anggota sivitas akademika dan tenaga kependidikan dimana manajemen yang dijalankan menjamin kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.
  7. Lulusan Program Magister Ilmu Politik FISIP Unand mampu menunjukan jati diri kebangsaannya di dunia internasional, terutama kebudayaan dan karakter kebangsaan yang dibanggakan. Lulusan yang jika sudah lebur dengan budaya asing tidak merendahkan jati diri kebangsaan sendiri.

 

Civitas akademika dan tenaga kependidikan selalu berpegang teguh pada etiket dan moral, baik dalam interaksi internalnya dengan sesama warga Program Magister Ilmu Politik FISIP Unand maupun dalam berhubungan dengan pihak lain. Dengan etika dan moral yang kuat, maka warga Program Magister Ilmu Politik FISIP Unandakan disegani oleh pihak lain.

Terkemuka, ditunjukkan dengan reputasi yang dimiliki Program Magister Ilmu Politik FISIP Unanddi tingkat nasional dan internasional. Kondisi terkemuka ini nantinya akan dicirikan dengan:

  1. Program Magister Ilmu Politik FISIP Unandakan memiliki staf pengajar yang memiliki kualifikasi dan kemampuan dalam melakukan proses pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta memiliki karakter yang unggul.
  2. Program Magister Ilmu Politik FISIP Unandakan memiliki lulusan yang berdaya saing tinggi di tingkat nasional dan internasional dibuktikan dengan terserapnya lulusan Program Magister Ilmu Politik FISIP Unanddi dunia kerja di tingkat nasional dan mampu bekerja di luar negeri
  3. Dosen dan mahasiswa Program Magister Ilmu Politik FISIP Unand akan memiliki sejumlah artikel ilmiah yang berkualitas yang dimuat pada jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi dengan berbasis pada sumber daya dan kearifan sosial serta budaya lokal. Area kekuatan ini akan meliputi bidang-bidang yang terkait dengan kekuatan sosial, budaya, politik lokal yang unik yang menjadi modal dan kontribusi besar untuk kemandirian bangsa.
  4. Hasil penelitian dosen dan mahasiswa Program Magister Ilmu Politik FISIP Unandakan dimanfaatkan oleh masyarakat, organisasi politik, organisasi swasta dan instansi pemerintah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemandirian bangsa.
  5. Program Magister Ilmu Politik FISIP Unandakan memiliki jaringan kerjasama luas dan menjalin kerjasama dengan Magister Ilmu Politik di perguruan tinggi lain di wilayah Indonesia bagian Barat, sekaligus menjadi partner peneliti internasional untuk bidang-bidang unggulan Magister Ilmu Politik FISIP Unand.
  6. Program Magister Ilmu Politik FISIP Unand akan menjadi alternatif destinasi bagi calon-calon mahasiswa asing yang berasal dari kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan serta Timur Tengah dan sekitarnya yang ingin mendapatkan pendidikan tinggi yang berkualitas, sehingga pada tahun 2028 proporsi mahasiswa asing akan melebihi 15% dari total populasi mahasiswa.

Program Magister Ilmu Politik FISIP Unand menggunakan sarana teknologi informasi dan komunikasi meliputi seluruh proses organisasi utama, baik dalam administrasi, pelayanan dan pembelajaran serta menjadi pendukung utama bagi pengambilan keputusan.


MISI :

Misi Program Magister Ilmu Politik ini adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan efektif secara berkelanjutan yang mampu menghasilkan Magister Ilmu Politik yang memiliki kompetensi di bidang Ilmu Politik baik secara kognitif, afektif dan psikomotorik;
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan yang inovatif dalam kajian demokrasi, politik lokal, otonomi daerah dan politik kebijakan;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan kompetensi di bidang Ilmu Politik;
  4. Mengembangkan institusi dalam meningkatkan kualitas tata kelola program studi yangbaik (gooddepartment governance), sehingga mampu mengantisipasi dan mengakomodasi perubahan lingkungan strategis.

Membangun jaringan dan kerjasama yang produktif untuk menunjang kegiatan tri dharma perguruan tinggi secara berkelanjutan dengan kelembagaan pendidikan, pemerintahan dan dunia usaha di tingkat daerah, nasional dan internasionaldalam pengembangan demokrasi, politik lokal, otonomi daerah dan politik kebijakan.

TUJUAN PROGRAM MAGISTER ILMU POLITIK

  1. Menghasilkan sumberdaya manusia Ilmu Politik yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu membelajarkan diri, memiliki wawasan yang luas, kritis, memiliki kepekaan, disiplin dan etos kerja, dan profesional yang tangguh dan memiliki daya saing dan diakui di tingkat nasional dan internasional.
  2. Mengembangkan Program Magister Ilmu Politik yang inovatif, kritis, dan multi paradigmatik dalam kajian demokrasi, politik lokal, otonomi daerah dan politik kebijakan untuk memecahkan permasalahan bangsa melalui penyelenggaraanprogram-program penelitian unggulan strategis yang bergunabagi masyarakat.
  3. Meningkatkan percepatan implementasi hasil penelitian di bidang Ilmu Politik kepada masyarakat dalam rangka transformasi ilmu sosial kepada masyarakat.
  4. Meningkatkan mutu pelayanan melalui penyediaan fasilitas, sarana, prasarana, dan teknologi informasi sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk pengembangan keilmuan di bidang Ilmu Politik melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan non akademik lain yang mendukung.
  5. Membangun jaringan dan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan tinggi,pemerintah, organisasi swasta dan NGO di tingkat nasional dan internasional.

 

Admin Pasca FISIP, Januari 2018

Senin, 20 Jun 2016 08:36

Magister Antropologi

By

Program Magister Antropologi

(http://antropologi.fisip.unand.ac.id)

Dr. Zainal Arifin, M.Hum (Koordinator)

VISI :


Menjadi program Magister Antropologi yang berintegritas dan berkualitas dalam teori, analisis dan aplikasi pembangunan masyarakat berbasis kearifan dan nilai-nilai budaya lokal.

MISI :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan Magister Antropologi untuk menghasilkan mahasiswa yang memiliki kemampuan teori antropologi.
  2. Menyelenggarakan praktik pengajaran berbasis SCL dan seminar unuk menghasilkan mahasiswa yang memiliki kemampuan analisis persoalan masyarakat, budaya dan pembangunan.
  3. Menyelenggarakan studi aplikatif melalui kerjasama dengan stakeholder pembangunan dan kebudayaan.

TUJUAN :

  1. Mendidik para mahasiswa Magister Antropologi yang memiliki ketajaman analisis teoritis dan metodologis dalam mengurai dan mengkoseptualisasi serta memberikan jawaban terhadap penyelesaian masalah pembangunan masyarakat berbasis kkearifan dan nilai-nilai budaya lokal.
  2. Menumbuhkembangkan daya nalar ilmiah mahasiswa pascarjana antropologi melalui kemandirian belajar dan bekerjasama dalam memecahkan berbagai persoalan pembangunan masyarakat dan kebudayaan.
  3. Menghasilkan lembaga penyelenggara magister yang integratif melalui kerjasama yang profesional dengan berbagai stakeholder

Senin, 20 Jun 2016 08:34

Magister Sosiologi

By

Program Magister Sosiologi FISIP Unand

(http://sosiologi.fisip.unand.ac.id)

 

Prof. Dr. Afrizal, MA

VISI

Menjadi Program Studi Magister Sosiologi yang terkemuka dan bermartabat dalam bidang kajian konflik dan pemberdayaan masyarakat di Indonesia pada tahun 2030.

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan magister yang berkualitas dalam bidang kajian konflik dan pemberdayaan masyarakat.
2. Menyelenggarakan penelitian yang inovatif, baik murni maupun terapan, dalam bidang kajian konflik dan pemberdayaan masyarakat.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk membangun ketahanan masyarakat menangani konflik dan kemampuan adaptasi masyarakat menghadapi
perubahan lingkungan sosial dan alam.

Tujuan Pendidikan

 

1. Menghasilkan magister sosiologi yang inovatif, kritis, dan berpikir multi paradigmatik dalam manganalisis konflik dan pemberdayaan masyarakat,
2. Menghasilkan magister sosiologi yang peka, kritis dan profesional dengan mengutamakan integritas moral dan komitmen untuk kesejahteraan sosial dalam melakukan pemberdayaan masyarakat.
3. Menghasilkan magister sosiologi yang ahli dan terampil dalam penerapan konsep, teori dan metode sosiologi untuk penyelesaian pristiwa konflik dan ketidakberdayaan masyarakat.

 

Berhubung masa pengusulan persyaratan BEASISWA BUDI-DN paling lambat tanggal 31 juli 2016, maka penerimaan mahasiswa baru gelombang II Program Pascasarjana Universitas Andalas diperpanjang sampai tanggal 1 Juli 2016.

Adapun Jadwal lengkapnya adalah sebagai berikut :

1. Pendaftaran sampai tanggal 1 Juli 2016
2. Ujian TPA dan TOEFL, tanggal 16 Juli 2016 pukul 08.00-10.00 dan 10.30-12.30 WIB, bertempat di UPT Bahasa Kampus Unand Limau Manis
3. Batas akhir penyerahan berkas ke Biro Akademik dan Kemahasiswaan Gedung Rektorat Lt.1 tanggal 12 Juli 2016
4. Ujian wawancara tanggal 16-18 Juli 2016 (menyesuaikan dengan jadwal yang disusun oleh masing-masing prodi)
5. Pengumuman LULUS tanggal 22 Juli 2016

 

Demikian Pengumuman ini dibuat untuk dapat dimaklumi.

Untuk mendownload jadwal klik disini

Wakil Ketua DPR RI, H. Fahri Hamzah, SE memberikan kuliah umum dengan tema “Dinamika DPR-RI Era Reformasi Politik” pada hari Jum’at (20/5) di Ruang Sidang Dekanat FISIP Unand Kampus Limau Manis Padang. Kuliah umum ini diadakan dalam rangka peringatan Dies Natalis ke 23, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas. Acara tersebut dipadati oleh pengunjung yang berasal dari mahasiswa S1 dan S2 FISIP, dosen, pimpinan di lingkungan Fakultas ISIP serta undangan lainnya. Berita selengkapnya bisa dibaca pada tautan berikut ini : Kuliah umum Wakil Ketua DPR RI

 

Pada tahun akademik 2015/2016 ini Universitas Andalas telah menerima sebanyak 5.004 orang mahasiswa baru untuk program sarjana (S1) melalui jalur masuk SNMPTN dan SBMPTN . Mereka yang diterima merupakan hasil seleksi dari 119.001 orang jumlah peminat, dengan angka keketatan  23,78. Artinya pada tahun ini Unand menerima 1 dari 24 orang peminat. Angka keketatan merupakan perbandingan antara peminat yang mendaftar dengan jumlah mahasiswa yang diterima.

Mahasiswa baru tersebut dialokasikan untuk 44 program studi, yang berada di bawah naungan 15 fakultas, yang ada di Universitas Andalas. Jumlah mahasiswa yang diterima tahun ini sedikit meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya

Konferensi Internasional IIFAS (International Indonesian Forum for Asian Studies) 2015, yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, hari ini Selasa, 29 September 2015, secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. H. Werry Darta Taifur, SE, MA, di gedung Convention Hall Universitas Andalas. Sebelum acara peresmian sekaligus sambutan rektor, pembukaan diawali dengan lantunan ayat suci Al Qur’an oleh mahasiswa, kemudian diikuti dengan kata sambutan dari ketua panitia, Dr.  Maskota Delfi, Ketua IIFAS, Dr. Johan Richard Weintre, dan Dekan FISIP, Prof. Dr. Nursyirwan Effendi, serta Walikota Padang yang diwakili

Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-87, yang bertepatan dengan tanggal 28 Oktober 2015, Universitas Andalas dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Universitas Andalas. Upacara yang dihadiri oleh seluruh civitas akademika dan dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Andalas, Prof. H. Dr. Werry Darta Taifur, SE, MA.

Sesuai dengan surat edaran DIKTI Nomor: 0399/A3/RT/2015, tentang  Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda, pelaksanaan upacara sumpah pemuda kali ini mengusung tema “Revolusi Mental untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi Satu untuk Bumi.” Dalam pidatonya, Rektor sebagai pembina upacara, menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga. Tidak lupa disampaikan bahwa pengambilan tema kali ini didasari keprihatinan atas 2 hal. Pertama, saat ini bangsa Indonesia disuguhi fenomena baru tentang berubahnya pola relasi kemasyarakatan akibat arus modernisasi dan kemajuan teknologi informasi. Kedua terkait dengan

Pada hari Sabtu, tanggal 27 Februari 2016 yang lalu Universitas Andalas telah melaksanakan acara wisuda periode 1 tahun 2016. Prosesi wisuda terdiri dari dua tahap, yaitu pelantikan ditingkat universitas dan prosesi pemindahan jambul di fakultas masing-masing. Acara di tingkat universitas dilaksanakan di Gedung Auditorium Unand, seluruh wisudawan diwajibkan untuk menghadiri acara pelantikan tersebut.

Pada wisuda kali ini Rektor Unand, Prof. Dr. Tafdil Husni, melantik sebanyak 1.414 orang wisudawan/ti dari berbagai jenjang studi, mulai dari Diploma 3 (D3), Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3), dari 15 Fakultas yang ada di Unand. Dari total jumlah tersebut 54 orang berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Yang terdiri dari

 Berita FISIP

Pengumpan tidak ditetapkan