FISIP Universitas Andalas, pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2016, kembali mengadakan Orientasi dan Matrikulasi Mahasiswa Baru Program Magister, di ruang sidang Dekanat FISIP. Acara kali ini dilakukan khusus untuk mahasiswa Kosentrasi Tata Kelola Pemilu (TKP). Orientasi TKP sengaja dilakukan terpisah dari program studi lainnya, disebabkan karena keterlambatan pengumuman nama-nama calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai mitra penyelenggara pemberi beasiswa.

Acara dibuka secara resmi oleh dekan FISIP, Dr. Alfan Miko, M.Si, yang juga melakukan pengenalan civitas akademika dan tenaga kependidikan FISIP. Kemudian diikuti oleh penjelasan mengenai proses pembelajaran dan peraturan akademik oleh Wakil Dekan I, Drs. Rinaldi Ekaputra, M.Si. Mengingat pentingnya peran teknologi informasi dalam pengelolaan administrasi perkuliahan di FISIP Unand, mahasiswa TKP juga diberikan sedikit pengetahun tentang peran IT dalam administrasi akademik, yang disampaikan oleh Koordinator ICT FISIP, Andi Saputra, S.Kom, M.Kom. Untuk pengenalan Kosentrasi Tata Kelola Pemilu sendiri, dijelaskan oleh Koordinator TKP, Dr. Aidinil Zetra, M.A.

Setelah orientasi, acara dilanjutkan dengan kegiatan Matrikulasi yang akan berlansung selama 3 hari dari tanggal 24 s/d 26 Agustus 2016.

  

Tahun ini untuk kali kedua Universitas Andalas menjalin mitra kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyelenggarakan beasiswa pendidikan tinggi program magister Kosentrasi Tata Kelola Pemilu. Perkuliahan di Unand diselenggarakan oleh Kosentrasi Tata Kelola Pemilu Program Studi Ilmu Komunikasi. Berbeda dengan tahun 2015 yang lalu, dimana Unand hanya mendapat kuota sebanyak 10 orang mahasiswa penerima beasiswa. Akan tetapi pada tahun ini berdasarkan pengumuman Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum RI, No. 905/SJ/VIII/2016, Tanggal 8 Agustus 2016, KPU menetapkan sebanyak 20 orang penerima beasiswa untuk Unand. Nama-nama penerima beasiswa tersebut dapat dilihat/diunduh pada alamat berikut :

Pengumuman penerima beasiswa KPU 2016

Pada awal bulan Agustus 2016 ini Universitas Andalas telah merampungkan proses penerimaan mahasiswa baru. FISIP Universitas Andalas telah meluluskan 381 orang calon mahasiswa Program Sarjana dari total 5.813 orang calon yang dinyatakan lolos seleksi. Dari 381 orang tersebut sampai batas akhir waktu registrasi hanya 343 orang yang melakukan daftar ulang. Laporan statistik penerimaan mahasiswa baru ini menyajikan data jumlah mahasiswa yang diterima dari berbagai dimensi, seperti keketatan penerimaan, jenis kelamin, daerah asal, jalur masuk, dan pilihan masuk.

Angka keketatan masuk perguruan tinggi merupakan perbandingan antara jumlah calon mahasiswa yang mendaftar ikut seleksi dibandingkan dengan jumlah mahasiswa yang diterima. Semakin banyak jumlah peminat, maka angka keketatan akan semakin tinggi. Tahun ini berdasarkan data yang ada pada sekretariat Wakil Rektor I Unand, yang membawahi bidang akademik, jumlah peminat yang untuk 3 jalur masuk yang ada 122.260 orang calon mahasiswa, sedangkan yang dinyatakan lolos adalah sebanyak 5.813 orang, dengan angka keketatan 25,18.

Dr. Alfan Miko, M.Si. pada hari Kamis, tanggal 18 Agustus akhirnya dilantik menjadi dekan ke-7 FISIP Universitas Andalas menggantikan Prof. Dr. rer. soz. Nursyirwan Effendi, yang sudah habis masa jabatannya. Beliau dilantik untuk menjadi dekan periode 2016-2020. Pak Miko begitulah beliau akrab dipanggil. Pria kelahiran Medan, 21 Juni 1962 ini merupakan dosen jurusan Sosiologi FISIP Unand. Saat ini beliau merupakan salah satu dosen senior di FISIP Unand dan merupakan mahasiswa generasi pertama jurusan Sosiologi Unand. Menamatkan pendidikan sarjana di jurusan Sosiologi Unand pada tahun 1987. Kemudian melanjutkan pendidikan magister di Universitas Indonesia dan lulus tahun 1996. Pada tahun 2015 yang lalu beliau baru saja menamatkan pendidikan doktor di program studi Sosiologi Universitas Padjajaran.

 Berita FISIP

Pengumpan tidak ditetapkan