Bersama ini kami sampaikan daftar nama-nama calon mahasiswa Program Magister FISIP Universitas Andalas yang lolos seleksi gelombang III pada penerimaan mahasiswa baru semester ganjil 2016/2017.

No Nama Mahasiswa Program Studi
1 Rahmiatil Fitri Sosiologi
2 Fitrawati Sosiologi
3 Sesi Sosiologi
4 Melani Friati Ilmu Komunikasi
5 Jhon Nedy Kambang Ilmu Komunikasi
6 Buyung Ilmu Komunikasi
7 M.Fahreza, S.Kom Ilmu Komunikasi

Bagi nama-nama yang diatas segera mendaftar ulang ke Sekretariat Program Magister Gedung Dekanat FISIP dan membayar Uang pendaftaran, dengan rincian sebagai berikut :

  • SPP Rp. 6.000.000,- (Enam juta rupiah)
  • Uang Matrikulasi 1.500.000,- ( Satu juta lima ratus ribu rupiah)
  • Jaket Almamater Rp. 850.000,- (Delapan ratus lima puluh ribu rupiah)
Jumat, 12 Agustus 2016 16:22

Profesor Bustanuddin Agus Berbagi

Professor Bustanuddin Agus merupakan guru besar Sosiologi dari Universitas Andalas, beliau merupakan pakar Sosiologi Islam. Prof Bustan termasuk dosen yang sangat produktif dalam menulis. Berbagai macam buku telah dihasilkannya, seperti Sosiologi Agama, Sosiologi Hukum Islam, Fiqih Ekonomi, Islam Kaffah dan Tauhidy dll, termasuk berbagai tulisannya di media cetak lokal dan nasional. Diujung masa pengabdiannya sebagai dosen, beliau sangat ingin membagi ilmunya kapada orang lain. Beberapa bukunya saat ini sudah diterbitkan dalam versi ebook. ebook tersebut dibagikan melalui blog pribadinya. Diantara buku yang sudah diupload di blognya adalah Sosiologi Hukum Islam, Fiqih ekonomi dan Islam Kaffah. Bagi pembaca yang tertarik atau membutuhkannya bisa didowload secara gratis di https://bustanuddinagus.wordpress.com/.

Senin, 01 Agustus 2016 09:32

Tim GOWES FISIP Menjelajah Puncak Malalak

Untuk menyambut even internasional Tour de Singkarak, yang diselenggarakan pada tanggal 6 - 14 Agustus 2016, Tim Gowes FISIP (GOSSIP) Universitas Andalas menjelajahi salah satu rute yang akan dilewati TdS pada etape 8, yaitu Bukittinggi - Malalak - Padang. Pada hari Minggu, 31 Juli 2016  jam 7 Pagi tim GOSSIP yang beranggotakan 9 orang, terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa start di Lapangan Kantin Bukittinggi menuju Malalak. Setelah minikmati keindahan panorama Malalak Kab. Agam perjalanan dilanjutkan menuju Sicincin - Pariaman dan Pantai Tiram.

Menurut Rinaldi Ekaputra, Wakil Dekan 1 FISIP yang juga didapuk sebagai Presiden GOSSIP, selain refresing dari kepenatan tugas rutin sehari-hari  tujuan dari perjalanan ini adalah untuk mengeksploitasi keindahan alam Ranah Minang. Puncak Malalak merupakan jalur alternatif yang baru diresmikan beberapa tahun lalu  oleh Gubernur Sumbar Sampai saat ini masih banyak yang belum mengetahui keindahan alamnya. Tugas kitalah sebagai orang minang untuk mempublikasikannya ke dunia luar, salah satunya medianya adalah dengan bersepeda (Andi).

 

Rabu, 10 Agustus 2016 08:38

Laporan Wisuda Periode 3 Tahun 2016

By

Wisuda periode III 2016 dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2016 berdasarkan SK. Rektor No.    /XIII/A/Unand-2016 tentang lulusan program Sarjana dan Magister Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Laporan selengkapnya terkait dengan data peserta dan statistik lulusan FISIP disajikan sebagai berikut :

 

Selasa, 09 Agustus 2016 08:04

Pengumuman Peserta Seminar Nasional 2 FISIP

Yang Terhormat Seluruh Peserta Seminar Nasional II FISIP,

Dengan ini mengingatkan bahwa pembayaran pendaftaran pemakalah seminar terakhir tanggal 15 Agustus 2016 ini dan pengiriman makalah lengkap sesuai format adalah tanggal 3 September 2016. makalah yang dikirim lewat dari tanggal 3 September 2016 tidak digaransi akan dimasukkan kedalam proceeding cetak. Form pendaftaran dan  dan Template makalah dapat di download pada link berikut:

Sebagai informasi tambahan, kegiatan kita akan dimulai dengan welcome dinner pada tanggal 27 September 2016 malam di Gubernuran Sumatera Barat, dan pembicara utama Seminar adalah Prof. Azyumardi Azra, Prof. Irwan Prayitno, Prof. Eiji Oyamada, serta Prof Nursyirwan Effendi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai masalah pembayaran dan registrasi silahkan kontak kami melalui email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau melalui kontak person : Andri Rusta 081266682627.

Demikianlah disampaikan, untuk menjadi bahan acuan.

 

Best Regards.

Panitia Seminar Nasional II FISIP Universitas Andalas

1. Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru

Sejak tahun 2008 FISIP Universitas Andalas telah memiliki 6 program studi, yaitu Sosiologi, Antropologi, Ilmu Politik, Ilmu Adm. Negara, Ilmu Hub. Internasional dan Ilmu Komunikasi. Setiap program studi setiap tahunnya rata-rata menerima mahasiswa baru sebanyak 60 orang (1 kelas). Secara keseluruhan FISIP rata-rata menerima mahasiswa baru sebanyak 350 orang setiap waktunya. Dalam kurun waktu 4 tahun terakhir jumlah mahasiswa baru yang diterima tidak terlalu mengalami fluktuasi. Setiap program studi masih konsisten dalam menetapkan daya tampung setiap tahunnya. Kesimpulan tersebut dapat dilihat pada tabel jumlah penerimaan mahasiswa baru tahun 2012 - 2015 berikut ini:

Panitia Seminar Nasional 2 FISIP Unand kembali mengadakan rapat koordinasi pada hari selasa tanggal 1 Agustus 2016, yang bertempat di Ruang Sidang Dekanat Lt. 2 FISIP. Rapat yang dihadiri oleh sebagian besar panitia seminar tersebut dipimpin oleh ketua panitia, Dr. Asrinaldi, M.Si. Dalam rapat tersebut disepakati bebera poin penting terkait dengan pelaksanaan seminar, diantaranya adalah:

  • Lima belas makalah terbaik akan dipilih untuk dibukukan.
  • Pemberian penghargaan untuk presenter terbaik
  • Pemberian penghargaan untuk makalah terbaik

Rapat yang juga dihadiri oleh dekan FISIP, Prof. Dr. Nursyirwan Effendi tersebut, juga membahas mengenai teknis penyambutan peserta yang berasal dari luar kota dan penyusunan jadwal acara seminar. Selain itu bagian sekretariat juga menyampaikan, bahwasanya sampai saat ini jumlah peserta yang mendaftar/ mengirimkan abstrak sudah mencapai 100 orang. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah, karena masih belum termasuk abstrak dari mahasiswa S2 yang ada di lingkungan FISIP Unand.

Kamis, 28 Juli 2016 07:42

Pengumuman Jadwal Pengisian KRS

Pengumuman

Kembali diingatkan kepada seluruh mahasiswa dan dosen pembimbing akademik (PA) FISIP Universitas Andalas bahwasanya pengisian KRS semester ganjil tahun akademik 2016/2017 dilaksanakan tanggal 18 Juli s/d 1 agustus 2016. Sedangka bagi dosen pembimbing akademik jadwal persetujuan KRS mahasiswa adalah tanggal 26 Juli s/d 3 Agustus 2016. Oleh karena itu dihimbau kepada mahasiswa dan dosen agar dapat melakukan proses pengisian dan persetujuan KRS sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Selasa, 26 Juli 2016 13:34

Etape Tour de Singkarak 2016

Berikut Delapan etape etape Tour de Singkarak 2016 yang dirilis oleh panitia hasil rapat koordinasi antara Panitia Tour de Singkarak Kementerian Pariwisata dengan pihak Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten/Kota pada hari Selasa (12/7) di Hotel Mercure Padang.

Etape 1 (Demaga Singkarak)

Sabtu 6 Agustus yang dimulai dari Kabupaten Solok dan finish di Kota Payakumbuh dengan panjang rute 96,6 km :
Start dari Dermaga Danau Singkarak melewati Ombilin-Rambatan-Pasar Batu Sangkar-Pasar Baso-Kantor Balai Kota Payakumbuh-Limbukan-Labuh Basilang-Pasar Ibuh-Tugu Adipura-Simpang Kaniang ,-Simpang Napar-Simpang Bunian-Simpang Kasda dan finish di Ngalau.

Etape 2 (Lembah Harau)

Minggu 7 Agustus, yang dimulai dari Limapuluh Kota dan finish di Tanah Datar dengan panjang rute 119,5 km :
Start Lembah Harau Waterfall dan melewati Pertigaan Simpang Sariklamak-Lubuk Bangku-Kelok Sambilan-Sariklamak-Simpang Kaniang Bukik-Tugu Adipura-Tugu Labuh Basilang-Pasar Halaban-Pauh Tinggi-Balai Tangah-Sitangkai-Guguak Cino-Stadion Batusangkar dan finish di Istano Basa Pagar.

Etape 3 (Bonjol Pasaman)

Senin 8 Agustus, yang dimulai dari Pasaman dan finish di Pasaman Barat dengan panjang rute 122,8 km :
Start Equator Bonjol Pasaman dan melewati Lurah Barangin-Taman Hutan Kot’,kkka-Kota Lubuk Sikaping-Rimbo Panti-Cubadak-Duo Koto-Talamau-Talu-Pasar Simpang Empat dan finish di Kantor Bupati Pasaman Barat.

Etape 4 (Padang Panjang)

Selasa 9 Agustus, yang dimulai dari Padangpanjang dan finish di Agam dengan panjang rute 150 km :
Start dari Markas Secata Padangpanjang melewati Serambi Mekkah-Fly Over-Terminal-Bak Air-Jalan Raya Bukittinggi Padang-Sicincin-Simpang Jagung-Tugu Tabuik-Kota Pariaman-Simpang Apar-Naras-Sungai Limau-Tiku-Lubuk Basung-Maninjau-Kelok 44-Embun Pagi dan finish di Lawang Park.

Etape 5 (Pantai Carocok, Painan)

Rabu 10 Agustus, yang dimulai dari Pesisir Selatan dan finish di Kota Pariaman dengan panjang rute 152,6 km :
Start Pantai Carocok melewati Tugu Uha -Jalan Abdul Muis-Jalan Prof Dr Hamka-Bukit Putus-Terminal Sago-Bayang-Tarusan-Barung Belantai-Teluk Kabung-Bungus-Bukit Lampu-Teluk Bayur-Gran Zuri-Simpang Kandang-Kantor Gubernur Sumbar-Simpang DPRD-Simpang Bandara-Simpang Tugu Ikan-Simpang By Pass-Simpang Padusunan-Simpang Cubadak Air-Simpang Apar-Simpang Tugu Tabuik-Simpang Terminal-Gapura Pantai Kata dan finish di Pantai Gandoriah.

Etape 6 (Pantai Tiram, Pariaman)

Kamis 11 Agustus, yang dimulai dari Padang Pariaman dan finish di Sawahlunto dengan panjang rute 149 km :
Start dari Pantai Tiram-Simpang Ulakan-Pauh Kambar-Simpang Parit Malintang-Jalan Raya Padang Bukittinggi-Fly Over-Bypass -Simpang Lubuk Bagalung-Indarung-Panaroma-Tugu Ayam-Kota Solok-Muara Kalaban-Kota Sawahlunto-Lap Segi Tiga dan finish di Taman Satwa Kandih Sawahlunto.

Etape 7 (Sijunjung)

Jumat, 12 Agustus 2016 yang dimulai dari Sijunjung dan finish Dharmasraya dengan dengan panjang rute 133,4 km :
Start Gedung Pertemuan Pancasila, Muaro Sijunjung melewati Simpang SungaiAngek-Perkampungan Adat-Tugu Bundo Kanduang-Tapian Diaro-Tanah Badantung-Klirian Jao-Ktr Bupati Dharmasraya-Sungai Dareh-Simpang Sikabau-Koto Tua-Sitiung-Kota Padang Dalam-SimpangTiga Koto Baru-Pasar Koto Baru-Simpang Empat Koto Baru-Kota Padang Luar dan finish di Sport Centre Dharmasraya.

Etape 8 (Bukittinggi)

Minggu 14 Agustus, yang dimulai dari Bukittinggi dan finish di Padang dengan panjang rute 146,5 km :
Start dari Istana Bung Hatta Bukittinggi-Panorama-Simpang Tembok-Kantor Balai Kota Bukittinggi-Simpang Mandi Angin-Simpang Taro-Lapangan Kantin-Padang Luar-Simpang Malalak-Sicincin-Jalan Padang Bukittingi-Jalan S Parman-Jl. Juanda-Jl. Veteran-Jl. Pemuda-Simpang Hang Tuah-Jl. Samudra-Danau Cimpago dan finish di Tugu Perdamaian Kota Padang.

Pada tanggal 13 Agustus 2016, lomba akan ditiadakan. semua para pembalap dan oficial tim akan beristirahat, dan akan dilanjutkan kembali pada tanggal 14 Agustus 2016.

Sumber:
Kemenpar RI
CC Dinas Parekraf Sumbar

 Berita FISIP

Pengumpan tidak ditetapkan