Angka keketatan masuk perguruan tinggi merupakan perbandingan antara jumlah calon mahasiswa yang mendaftar ikut seleksi dibandingkan dengan jumlah mahasiswa yang diterima. Semakin banyak jumlah peminat, maka angka keketatan akan semakin tinggi. Tahun ini berdasarkan data yang ada pada sekretariat Wakil Rektor I Unand, yang membawahi bidang akademik, jumlah peminat yang untuk 3 jalur masuk yang ada 122.260 orang calon mahasiswa, sedangkan yang dinyatakan lolos adalah sebanyak 5.813 orang, dengan angka keketatan 25,18.

Dr. Alfan Miko, M.Si. pada hari Kamis, tanggal 18 Agustus akhirnya dilantik menjadi dekan ke-7 FISIP Universitas Andalas menggantikan Prof. Dr. rer. soz. Nursyirwan Effendi, yang sudah habis masa jabatannya. Beliau dilantik untuk menjadi dekan periode 2016-2020. Pak Miko begitulah beliau akrab dipanggil. Pria kelahiran Medan, 21 Juni 1962 ini merupakan dosen jurusan Sosiologi FISIP Unand. Saat ini beliau merupakan salah satu dosen senior di FISIP Unand dan merupakan mahasiswa generasi pertama jurusan Sosiologi Unand. Menamatkan pendidikan sarjana di jurusan Sosiologi Unand pada tahun 1987. Kemudian melanjutkan pendidikan magister di Universitas Indonesia dan lulus tahun 1996. Pada tahun 2015 yang lalu beliau baru saja menamatkan pendidikan doktor di program studi Sosiologi Universitas Padjajaran.

Pada hari kamis, tanggal 18 Agustus 2016 telah terjadi pergantian tampuk kepemimpinan di FISIP Universitas Andalas. Melalui acara Pelantikan, Pengambilan Sumpah dan Serah Terima Jabatan Dekan, Wakil Dekan, dan Pejabat Struktural di Lingkungan Universitas Andalas, yang berlangsung di Gedung Convention Hall Unand, Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, MBA. telah melantik Dr. Alfan Miko, M.Si menjadi dekan FISIP periode 2016-2020 menggantikan Prof. Dr. rer. soz. Nursyirwan Effendi yang sudah habis masa tugasnya. Sebelum serah terima jabatan acara diawali dengan pengambilan sumpah para pejabat yang akan dilantik. Selain dekan FISIP, juga dilantik dekan Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, dan Fakultas Peternakan.

Pada tanggal 16 Juli 2016 yang lalu telah berlaku kehendak Allah SWT, dengan dipanggilnya ibunda dari Bapak Dr. Syahrizal, M.Si, dosen Antropologi FISIP Universitas Andalas di Bukittinggi. Almarhumah meninggal pada usia 84 tahun. Oleh karena itu sebagai kerabat, keluarga besar FISIP pergi takziah ke rumah duka di Lubuk Minturun Padang pada hari Selasa 16 Agustus 2016, untuk berbagai duka dan menghibur keluarga yang ditinggalkan.

Pada acara takziah tersebut hadir Dekan dan beberapa orang pimpinan jurusan dan fakultas, serta dosen dan tenaga kependidikan FISIP. Pada kesempatan tersebut dekan, mewakili keluarga besar FISIP, dalam sambutannya mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas musibah yang menimpa keluarga Bapak Syahrizal dan berharap silaturahim diantara keluarga besar FISIP agar selalu terpelihara dimasa-masa yang akan datang.

Pada pertengahan tahun anggaran 2016 ini, FISIP Universitas Andalas telah merampungkan pembangunan Gedung Sekretariat Bersama (Sekber) Mahasiswa FISIP. Sehubungan dengan hal tersebut, pada hari Senin 15 Agustus 2016, telah dilaksanakan peresmian gedung tersebut oleh Rektor Universitas Andalas yang diwakili oleh Wakil Rektor III, Prof. Dr. Hermansyah, MS, M.Sc. Acara dilaksanakan di lokasi pembangunan gedung Sekber yang bertempat di Kampus FISIP Unand.

Gedung Sekber, yang terdiri dari 10 ruang, tersebut diperuntukkan bagi Himpunan mahasiswa dan unit kegiatan kemahasiswaan yang ada di FISIP. Selain WR III, acara peresmian juga dihadiri oleh Dekan dan WD I FISIP, pimpinan jurusan, pimpinan tata usaha beserta jajarannya, serta mahasiswa. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh Anggi Aulia Rahman, kemudian dilanjutkan oleh kata sambutan oleh Presiden Negara Mahasiswa FISIP (NMF), organisasi kemahasiswaan FISIP. Setelah itu berturut-turut laporan kegiatan oleh Dekan dan sambutan Wakil Rektor III.

Dalam laporannya dekan FISIP menyampaikan bahwasanya pembangunan gedung Sekber seluas 164 M2 tersebut menelan biaya sekitar Rp. 336 Jt yang berasal dari anggaran tahun 2015 dan 2016. Dalam kesempatan tersebut beliau menghimbau kepada mahasiswa agar, "Keberadaan gedung sekber ini diharapkan mampu meningkatkan soft skill dan aktualisasi aktifitas mahasiswa guna mengangkat nama baik FISIP dan Unand secara keseluruhan."

Terpisah Wakil Rektor III dalam sambutannya juga mengajak kepada mahasiswa FISIP agar dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan untuk meningkatkan aktifitas dan integritas sosial dalam rangka mengaktualisasikan ilmu-ilmu sains di dalam kehidupan bermasyarakat. Selesai memberikan sambutan, wakil rektor langsung meresmikan Gedung Sekber Mahasiswa FISIP dengan menandatangani prasasti dan membuka tirai gedung sekretariat. Terakhir acara ditutup dengan pembacaan do'a oleh anggota Forum Studi Islam (FSI) FISIP.

Bersama ini kami sampaikan daftar nama-nama calon mahasiswa Program Magister FISIP Universitas Andalas yang lolos seleksi gelombang III pada penerimaan mahasiswa baru semester ganjil 2016/2017.

No Nama Mahasiswa Program Studi
1 Rahmiatil Fitri Sosiologi
2 Fitrawati Sosiologi
3 Sesi Sosiologi
4 Melani Friati Ilmu Komunikasi
5 Jhon Nedy Kambang Ilmu Komunikasi
6 Buyung Ilmu Komunikasi
7 M.Fahreza, S.Kom Ilmu Komunikasi

Bagi nama-nama yang diatas segera mendaftar ulang ke Sekretariat Program Magister Gedung Dekanat FISIP dan membayar Uang pendaftaran, dengan rincian sebagai berikut :

  • SPP Rp. 6.000.000,- (Enam juta rupiah)
  • Uang Matrikulasi 1.500.000,- ( Satu juta lima ratus ribu rupiah)
  • Jaket Almamater Rp. 850.000,- (Delapan ratus lima puluh ribu rupiah)
Jumat, 12 Agustus 2016 16:22

Profesor Bustanuddin Agus Berbagi

Professor Bustanuddin Agus merupakan guru besar Sosiologi dari Universitas Andalas, beliau merupakan pakar Sosiologi Islam. Prof Bustan termasuk dosen yang sangat produktif dalam menulis. Berbagai macam buku telah dihasilkannya, seperti Sosiologi Agama, Sosiologi Hukum Islam, Fiqih Ekonomi, Islam Kaffah dan Tauhidy dll, termasuk berbagai tulisannya di media cetak lokal dan nasional. Diujung masa pengabdiannya sebagai dosen, beliau sangat ingin membagi ilmunya kapada orang lain. Beberapa bukunya saat ini sudah diterbitkan dalam versi ebook. ebook tersebut dibagikan melalui blog pribadinya. Diantara buku yang sudah diupload di blognya adalah Sosiologi Hukum Islam, Fiqih ekonomi dan Islam Kaffah. Bagi pembaca yang tertarik atau membutuhkannya bisa didowload secara gratis di https://bustanuddinagus.wordpress.com/.

Selasa, 09 Agustus 2016 08:04

Pengumuman Peserta Seminar Nasional 2 FISIP

Yang Terhormat Seluruh Peserta Seminar Nasional II FISIP,

Dengan ini mengingatkan bahwa pembayaran pendaftaran pemakalah seminar terakhir tanggal 15 Agustus 2016 ini dan pengiriman makalah lengkap sesuai format adalah tanggal 3 September 2016. makalah yang dikirim lewat dari tanggal 3 September 2016 tidak digaransi akan dimasukkan kedalam proceeding cetak. Form pendaftaran dan  dan Template makalah dapat di download pada link berikut:

Sebagai informasi tambahan, kegiatan kita akan dimulai dengan welcome dinner pada tanggal 27 September 2016 malam di Gubernuran Sumatera Barat, dan pembicara utama Seminar adalah Prof. Azyumardi Azra, Prof. Irwan Prayitno, Prof. Eiji Oyamada, serta Prof Nursyirwan Effendi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai masalah pembayaran dan registrasi silahkan kontak kami melalui email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau melalui kontak person : Andri Rusta 081266682627.

Demikianlah disampaikan, untuk menjadi bahan acuan.

 

Best Regards.

Panitia Seminar Nasional II FISIP Universitas Andalas

Kamis, 04 Agustus 2016 08:46

Daftar Pemakalah Seminar Nasional 2 FISIP

Batas pengiriman abstrak calon peserta seminar nasional FISIP ke-2 tahun 2016 telah berakhir pada tanggal 30 Juli 2016. Berdasarkan data yang ada pada panitia, sebanyak 100 orang calon pemakalah sudah mengirimkan abstraknya. Daftar nama-namanya bisa dilihat pada link  berikut :

Daftar Peserta Seminar

Bagi calon pemakalah yang telah mengirimkan abstraknya, akan tetapi namanya tidak ada pada daftar tersebut di atas, diharapkan segera menghubungi panitia melalui email ke alamat:Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya."> Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau langsung kontak person :

Andri Rusta   : 081266682627

Yessi              : 081373553661

 

Panitia Seminar Nasional 2 FISIP Unand kembali mengadakan rapat koordinasi pada hari selasa tanggal 1 Agustus 2016, yang bertempat di Ruang Sidang Dekanat Lt. 2 FISIP. Rapat yang dihadiri oleh sebagian besar panitia seminar tersebut dipimpin oleh ketua panitia, Dr. Asrinaldi, M.Si. Dalam rapat tersebut disepakati bebera poin penting terkait dengan pelaksanaan seminar, diantaranya adalah:

  • Lima belas makalah terbaik akan dipilih untuk dibukukan.
  • Pemberian penghargaan untuk presenter terbaik
  • Pemberian penghargaan untuk makalah terbaik

Rapat yang juga dihadiri oleh dekan FISIP, Prof. Dr. Nursyirwan Effendi tersebut, juga membahas mengenai teknis penyambutan peserta yang berasal dari luar kota dan penyusunan jadwal acara seminar. Selain itu bagian sekretariat juga menyampaikan, bahwasanya sampai saat ini jumlah peserta yang mendaftar/ mengirimkan abstrak sudah mencapai 100 orang. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah, karena masih belum termasuk abstrak dari mahasiswa S2 yang ada di lingkungan FISIP Unand.